Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka Melalui Media Sosial Instagram @Glzoojogja

Z, Nur Aisyah (2023) Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka Melalui Media Sosial Instagram @Glzoojogja. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (56kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya penurunan jumlah pengunjung yang berwisata ke GLZoo pada pasca covid 19, sehingga untuk meningkatkan jumlah pengunjung dibutuhkan strategi marketing public relations yang dapat diterapkan melalui media sosial instagram,penelitian ini dilakukan berdasarkan pokok masalah yang akan dibahas yaitu bagaimana strategi marketing public relations dalam meningkatkan jumlah pengunjung kebun binatang gembira loka melalui media sosial instagram. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeksripsikan strategi marketing public relations dalam meningkatkan jumlah pengunjung kebun binatang gembira loka melalui media sosial instagram @glzoojogja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari langkah tersebut dilakukan analisa data yang meliputi proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian sdata dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Three Ways Strategy yang dikemukakan oleh Ruslan Rhosady. Three Ways Strategy tersebut terdiri dari Pull Strategy (menarik), Push Strategy (mendorong) dan Pass Strategy (membujuk) dalam kegiatan marketing Public Relations. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi marketing public relations dalam meningkatkan jumlah pengunjung kebun binatang gembira loka melalui media sosial instagram memiliki beberapa bentuk strategi seperti customer relations, Event, promosi,repost insta story, publikasi,perluasan segmentasi pasar dan kegiatan corporate social responsibilty(CSR).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Strategi, Marketing Public Relations, 3 ways strategy, Kebun Binatang Gembira Loka, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:33
Last Modified: 03 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20569

Actions (login required)

View Item
View Item