Fenomena Post Truth Fenomena Post Truth Kampanye Politik Di Media Sosial Facebook (Riset Konseptual Post Truth Dalam Kampanye Politik)

Limbu, Lidya (2023) Fenomena Post Truth Fenomena Post Truth Kampanye Politik Di Media Sosial Facebook (Riset Konseptual Post Truth Dalam Kampanye Politik). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (158kB)

Abstract

Media sosial menjadi salah satu media elektronik yang menjadi sarana bagi penggunanya sebagai tempat untuk beropini atau menuangkan ide-ide, sehingga dapat memberikan berita yang popular atau trending topik bahkan dapat digunakan oleh penggunanya untuk memberitakan berita bohong atau berita hoax. Terutama media sosial Facebook adalah media sosial dengan berbagai jenis grup dengan komentar positif dan komentar negatif. Dengan mempertimbangkan banyaknya fenomena berita palsu dan post truth di media sosial facebook, maka peneliti pada penelitian ini berusaha untuk mengkaji dari segi isu politik lebih tepatnya pada masa-masa kampanye. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif deskriptif. Metode penelitian dilakukan untuk memperoleh gambaran impementasi fenomena post truth melalui media sosial facebook sebagai media pemberi informasi tentang post truth. Fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook memiliki dampak yang signifikan pada penyebaran informasi salah atau tidak akurat, pengaruh terhadap opini dan sikap politik pemilih, serta partisipasi pemilih dalam proses politik. penyebaran informasi yang salah menjadi tantangan utama dalam kampanye politik di Facebook. Berita palsu, klaim palsu, dan manipulasi data seringkali menyebar dengan cepat dan mendapatkan perhatian yang lebih besar daripada konten yang benar. Dalam kesimpulan ini menunjukkan perlunya Tindakan yang koordinatif dari berbagai pihak untuk mengatasi Fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook. Menghadapi fenomena Post Truth dalam kampanye politik di media sosial Facebook merupakan tantangan yang kompleks, namun langkah-langkah yang terkoordinasi dan solusi yang berkelanjutan akan membantu menjaga integritas demokrasi dan media sosial.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Facebook, Post Truth, Kampanye Politik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:40
Last Modified: 03 Aug 2023 06:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item
View Item