PERSONAL BRANDING JILL SHINE SEBAGAI PENGUSAHA GORDEN MELALUI TikTok @jill_shine2 (Analisis framing pada konten video tema “complaint response”)

Rafianti, Rosna (2023) PERSONAL BRANDING JILL SHINE SEBAGAI PENGUSAHA GORDEN MELALUI TikTok @jill_shine2 (Analisis framing pada konten video tema “complaint response”). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan sarana yang memberikan berbagai kemudahan dalam
proses komunikasi. TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer
digunakan oleh masyarakat termasuk di negara Indonesia. TikTok dapat
digunakan untuk membentuk dan menciptakan citra diri dihadapan publik melalui
konten yang dipublikasikan. Penelitian ini membahas mengenai TikTok sebagai
media sosial yang dikelola oleh Jill Shine yang bertujuan untuk mengetahui
bagaimana konstruksi Jill Shine dalam membingkai video dengan menggunakan
analisis framing model Robert Entman. Penelitian ini menggunakan pradigma
konstruktivisme, dengan pendekatan metode kualitatif melalui metode analisis
framing. Unit analisis yang digunakan adalah konten video tema “complaint
response” pada akun TikTok @jill_shine2 selama periode November 2022.
Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder berupa artikel website,
pustaka, penelitian terdahulu dan literatur. Teknik analisa dalam penelitian ini
menggunakan 4 perangkat utama yaitu define problem, diagnose cause, make
moral judgement, treatment recommendation. Hasil analisis menunjukkan bahwa
Jill Shine menggambarkan seleksi isu berupa isu eksternal dengan menonjolkan
aspek mengenai tanggapan pribadinya terhadap adanya komentar negative, prank,
dan komplain yang diajukan kepadanya. Sehingga melalui konstruksi yang
dibangun pada video tema “complaint response” dapat menguatkan citra positif
dan juga karakteristik Jill Shine sebagai seorang pengusaha gorden yang memiliki
tampilan menonjol dibandingkan pengguna akun TikTok lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Konstruksi sosial, Framing, Jill Shine, TikTok
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:44
Last Modified: 06 Oct 2023 02:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20620

Actions (login required)

View Item
View Item