Implementasi Kaidah Penulisan Berita Dalam Produksi Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Cilegon (Implementation Of The Principles Of News Writing In Information Production At The Communication And Informatics Department Of Cilegon City)

Permata, Litasya Aulia (2023) Implementasi Kaidah Penulisan Berita Dalam Produksi Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Cilegon (Implementation Of The Principles Of News Writing In Information Production At The Communication And Informatics Department Of Cilegon City). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi (Litasya 17071157).docx

Download (45kB)

Abstract

Peraturan Walikota Cilegon nomor 20 tahun 2019 mengenai Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon menuliskan bahwa memiliki tugas melaksanakan urusan daerah atas dasar asas otonomi dan tugas pembantuan dalam bidang komunikasi, informatika, sandi dan statistik sebagai organisasi pengampu pengembangan teknologi dan informasi. Bagian humas atau publikasi pada instansi pemerintahan dituntut juga dalam menjalankan tugasnya untuk meliput, memproduksi, serta mempublikasikan terkait berita atau informasi penting yang berkaitan dengan pemerintahan kota. Dalam hal ini tentu saja mereka memiliki aturan atau kaidah khusus yang berkaitan atau yang bersinggungan dengan bidang jurnalistik atau dalam hal pembuatan berita sebelum nantinya akan di publikasikan kepada masyarakat luas. Penelitian ini mencoba menganalisis terkait bagaimana proses Implementasi Kaidah Penulisan Berita dalam Produksi Informasi pada Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik penelitian observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kaidah penulisan berita terwujud di dalam produksi informasi yang ada pada Diskominfo Cilegon melalui teori kaidah penulisan berita yakni struktur penulisan berita yang mencakup headline, dateline, lead & body, serta dalam unsur penulisan berita yakni melalui rumusan 5W1H.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Jurnalistik, Kaidah Penulisan Berita.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:52
Last Modified: 07 Aug 2023 01:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item
View Item