ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAAN PRODUK BRI UNIT SEBAGAI PRODUK JASA PERBANKAN

Hidayat, Ujang Rizani (2015) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MENENTUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAAN PRODUK BRI UNIT SEBAGAI PRODUK JASA PERBANKAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Ujang Rizani Hidayat 13052143.docx

Download (20kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Skripsi Ujang Rizani Hidayat 13052143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor
kebudayaan dalam menentukan keputusan pembelian produk BRI Unit sebagai
produk jasa perbankan, (2) pengaruh faktor sosial dalam menentukan keputusan
pembelian produk BRI Unit sebagai produk jasa perbankan, (3) pengaruh faktor
pribadi dalam menentukan keputusan pembelian produk BRI Unit sebagai produk
jasa perbankan, (4) pengaruh faktor psikologis dalam menentukan keputusan
pembelian produk BRI Unit sebagai produk jasa perbankan, dan (5) pengaruh
faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis dalam menentukan keputusan
pembelian produk BRI Unit sebagai produk jasa perbankan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Populasi pada penelitian ini nasabah BRI Unit Karangjati. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) faktor kebudayaan
berpengaruh dalam menentukan keputusan pembeliaan produk BRI Unit sebagai
produk jasa perbankan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel
(3,354>1,984), signifikansi 0,001<0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai
positif sebesar 0,222; (2) faktor sosial berpengaruh dalam menentukan keputusan
pembeliaan produk BRI Unit sebagai produk jasa perbankan. Hal ini dibuktikan
dengan nilai t hitung>t tabel (3,141>1,984), signifikansi 0,002<0,05, dan
koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,140; (3) faktor pribadi
berpengaruh dalam menentukan keputusan pembeliaan produk BRI Unit sebagai
produk jasa perbankan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung>t tabel
(2,819>1,984), signifikansi 0,006<0,05, dan koefisien regresi mempunyai nilai
positif sebesar 0,221; (4) faktor psikologis berpengaruh dalam menentukan
keputusan pembeliaan produk BRI Unit sebagai produk jasa perbankan. Hal ini
dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (2,598>1,984), signifikansi 0,011<0,05,
dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,274; (5) perilaku
konsumen yang meliputi faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis secara
bersama-sama berpengaruh dalam menentukan keputusan pembeliaan produk BRI
Unit sebagai produk jasa perbankan. Hal ini dibuktikan dengan F hitung > F tabel
(27,191>3,09) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:42
Last Modified: 07 Nov 2024 02:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20692

Actions (login required)

View Item
View Item