Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta)

Nursamsi, Kaharudin (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (Studi kasus pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.doc

Download (26kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Kaharudin Nursamsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)

Abstract

Kaharudin Nursamsi “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa, Terhadap
Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (Studi
kasus pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta).” (dibimbing oleh
Drs Subarjo, M.si).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar
pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan nasabah oleh nasabah yang
menggunakan jasa PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi,
kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode
penentuan sampel yang digunakan adalah kuota sampling sebanyak 100 sampel.
Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri atas
produk (X1), promosi (X2), proses (X3), orang (X4), dan bukti fisik (X5) secara
bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Dapat dilihat dengan uji F bahwa
bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
nasabah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,023.
Namun berdasarkan uji parsial (t), ada variabel yang tidak memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yaitu variabel produk (X1)
dengan tingkat signifikan sebesar 0,71, variabel promosi (X2) sebesar 0,361,
variabel orang (X4) sebesar 0,154, dan bukti fisik (X5) sebesar 0,206. Hanya
variabel proses dengan tingkat signifikan 0,004 yang memiliki pengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Produk, Promosi, Proses, Orang, Bukti Fisik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:53
Last Modified: 08 Nov 2024 02:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item
View Item