ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDY KASUS PADA IKM EMPING KETELA IBU SUT GRUP DI BANTUL KARANG, RINGINHARJO, KABUPATEN BANTUL)

PAWESTRI, TYAS (2015) ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDY KASUS PADA IKM EMPING KETELA IBU SUT GRUP DI BANTUL KARANG, RINGINHARJO, KABUPATEN BANTUL). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRACT_TYAS PAWESTRI_MANAJEMEN_13052022.docx

Download (21kB)
[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
SKRIPSI_TYAS PAWESTRI_MANAJEMEN_13052022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
JURNAL_TYAS PAWESTRI_MANAJEMEN_13052022.docx

Download (19kB)

Abstract

KM Emping Ketela Ibu Sut Grup berlokasi di Bantul Karang, Ringinharjo, Bantul,
Yogyakarta. IKM emping ketela Ibu Sut Grup memproduksi emping ketela dengan 5 variant
rasa, meliputi: rasa pedas manis, rasa extra pedas, rasa lombok ijo, rasa gurih sayur dan rasa
pedas gurih. Kapasitas produksi per hari adalah 180 ketela yang menjadi sebanyak 95 kg
emping ketala dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 16 orang. Lingkup pemasaran meliputi
wilayah bantul, kota yogya, cilacap, purwokerto, magelang, boyolali.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atribut produk
yang meliputi: kualitas produk (X1) dan kemasan produk (X2) terhadap keputusan pembelian
konsumen emping ketela Ibu Sut Grup baik secara parsial maupun simultan serta variabel
dominan yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Adapun Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini
sampel yang diambil yaitu konsumen akhir emping ketela Ibu Sut Grup yang berusia lebih
dari 21 tahun yang berada di wilayah kab. Bantul. Data yang diperoleh melalui kuesioner
diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan
cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan analisis mean aritmathic, analisis regresi linier
berganda, uji F, Uji T dan uji koefisiensi determinasi dan disertai pengujian asumsi clasik
yang diolah menggunakan SPSS 16.0.
Hasil dari pengujian instrument penelitian menunjukkan bahwa item pertanyaan dalam
kuesioner valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik kuesioner tidak terjadi
multikolonieritas, autokorelasi, heterokedastisitas dan berdististribusi normal, sehingga data
tersebut layak dipergunakan dalam penelitian.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen, hal ini dapat dilihat dari
nilai t hitung> ttabel (3,102 > 1,66071) berarti apabila kualitas produk meningkat maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Kemasan produk (X2) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen, hal ini dapat dilihat
dari thitung >
ttabel (3,977>1,66071) berarti apabila kemasan produk meningkat maka
keputusan pembelian konsumen akan meningkat. Berdasarkan uji secara serempak (Uji F)
diperoleh nilai f hitung (25,220) > f table (3,09), berarti secara bersama-sama variable kualitas
produk (X1) dan kemasan produk (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen emping ketala Ibu Sut Grup. Sedangkan variable paling berpengaruh
adalah variable kualitas produk(X1) yang menunukkan besarnya pengaruh sebesar 32,9 %
dibandingkan variable kemasan produk yang berpengaruh sebesar 25,5 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kualitas produk, kemasan produk dan keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:08
Last Modified: 08 Nov 2024 03:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20822

Actions (login required)

View Item
View Item