IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING CARTOON FILMS (A Classroom action research conducted at the tenth graders of SMA N 1 Sedayu, Yogyakarta)

Junaidi, Dewi Silvia (2014) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING CARTOON FILMS (A Classroom action research conducted at the tenth graders of SMA N 1 Sedayu, Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.docx

Download (32kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bahasa Inggris memegang peranan penting yang mana harus
dipelajari oleh siswa agar dapat menyongsong masa depan. Hal ini
disebabkan oleh fakta masa kini bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang
biasa dipergunakan untuk berkomunikasi secara internasiona. Saat ini,
keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai
oleh siswa, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas termasuk SMA N 1
Sedayu, Yogyakarta. Faktanya, keterampilan berbicara siswa di sekolah
tersebut, khususnya di kelas X MIA 2 masih rendah. Hal ini dapat
dibuktikan melalui hasil test yang dicapai siswa. Selain itu, siswa juga
merasa takut untuk berbuat salah, serta mengalami kesulitan dalam
pemilihan kata pada saat mengungkapkan ide mereka.
Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengatasi kesulitan siswa dalam keterampilan berbicara kelas X MIA 2.
Penelitian ini melibatkan 32 siswa. Penelitian ini bertujuan : (1)
meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui pembelajaran
menggunakan film kartun; (2) mencari tahu minat siswa dalam kegiatan
berbicara menggunakan media film kartun; (3) mencari tahu sejauh mana
tingkat pencapaian siswa khususnya dalam keterampilan berbicara.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini digunakan dalam kegiatan penelitian
dengan menggunakan film kartun sebagai media pembelajaran untuk
meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan film
kartun sebagai media pembelajaran, keterampilan berbicara siswa
menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test,
test siklus pertama dan post test. Nilai rata-rata kelas untuk pre-test adalah
54. 4, dan meningkat pada test siklus pertama yaitu 67 dan 77.3 pada tes
siklus kedua. Berdasarkan hasil test tersebut, dapat dilihat adanya
peningkatan yang berkelanjutan dalam penggunaan film kartun sebagai
media pembelajaran. Selain itu, media ini dapat digunakan oleh peneliti
mendatang untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Kartun, Film, Media, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 08 Nov 2024 03:18
Last Modified: 08 Nov 2024 03:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/20825

Actions (login required)

View Item
View Item