EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS LAYANAN KLINIK KECANTIKAN PERMATA HEALTH & BEAUTY DI KLATEN

Sulastri, Sulastri (2016) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS LAYANAN KLINIK KECANTIKAN PERMATA HEALTH & BEAUTY DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Klinik kecantikan merupakan tempat bagi sebagian orang untuk melakukan perawatan kulit serta wajah mereka. Di era modern seperti sekarang ini, perawatan kulit bukan hanya untuk kebutuhan saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup bagi golongan masyarakat tertentu yang mampu dan peduli dengan penampilan. Salah satu klinik kecantikan yang terdapat di kota Klaten adalah klinik kecantikan Permata Health & Beauty. Permata Health & Beauty harus mampu memberikan tingkat kepuasan yang tinggi bagi konsumen pada dimensi kualitas layanan yang terdiri reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap dimensi kualitas layanan yang terdiri dari dimensi reliability, responsiveness, assurances, emphaty dan tangibles selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dimensi kualitas layanan apakah yang paling dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan layanan klinik kecantikan Permata Health & Beauty di Klaten. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan layanan klinik kecantikan Permata Health & Beauty di Klaten pada tahun 2015. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan layanan klinik kecantikan Permata Health & Beauty di Klaten minimal dua kali dalam enam bulan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis mean arithmatic, dan analisis diagram kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara tingkat harapan konsumen dan tingkat kinerja perusahaan, sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumen Permata Health & Beauty sudah merasa puas dengan kinerja perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa dimensi tangibles merupakan dimensi kualitas layanan yang paling dipertimbangkan oleh konsumen dalam menggunakan layanan klinik kecantikan Permata Health & Beauty. Yang mana dimensi tangibles meliputi penampilan fisik dan interior bangunan, kebersihan dan kenyamanan klinik kecantikan dan lingkungan, kecanggihan teknologi peralatan yang digunakan, keragaman produk yang ditawarkan, ketersediaan area parkir, serta kerapian dan kebersihan penampilan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Dimensi Kualitas, Kualitas Layanan, Klinik Kecantikan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:41
Last Modified: 24 Aug 2023 04:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21053

Actions (login required)

View Item
View Item