PENGARUH CURRENT RASIO DAN DEBT TO ASSET RASIO TERHADAP RETURN ON INVESMENT PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “SAPTA KUSUMA” DARI PERIODE TAHUN 2004 S/D TAHUN 2014.

Julianti, Nurikasari Sandra (2016) PENGARUH CURRENT RASIO DAN DEBT TO ASSET RASIO TERHADAP RETURN ON INVESMENT PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “SAPTA KUSUMA” DARI PERIODE TAHUN 2004 S/D TAHUN 2014. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rentabilitas Koperasi Pegawai Republik Indonesia KPRI “ Sapta Kusuma “ dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor keuangan yang dapat diukur menggunakan rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Current Rasio (ROI), Debt to Total Asset (DAR) terhadap Return on Investment (ROI) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “ Sapta Kusuma “ periode Tahun 2004 s/d 2014.
Populasi dari penelitian ini adalah laporan keuangan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) mulai berdirinya tahun 2001 – 2015 berjumlah 15 data.Metodepengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 11 laporan keuangan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Asumsi Klasik, analis Regresi berganda dengan variabel dummy, analisis Hipotesis dengan R2, uji F dan Uji t.
Berdasarkan hasil dari uji t, Current rasio status KPRI “ Sapta Kusuma “ berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROI. Sedangkan Debt to Total Asset berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROI. Hasil secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen tidak berpengaruh signifikan tehadap ROI. Nilai adjusted R square sebesar 0,0,346 yang menunjukkan bahwa 34,6 % ROIdapat dijelaskan oleh variabel independen Current rasio dan Debt to Total Asset. Sedangkan sisanya sebesar 65,4% dijelaskan oleh variabel lain. Kata kunci: ROI, Current rasio dan Debt to Total Asset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROI, Current rasio, dan Debt to total asset
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:26
Last Modified: 24 Aug 2023 07:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item
View Item