EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA OBYEK WISATA GOA PINDUL

Agustine, Alif Dewi (2016) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP DIMENSI KUALITAS PELAYANAN PADA OBYEK WISATA GOA PINDUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisa tiga dimensi kualitas pelayanan jasa yaitu : tangibles, reliability, dan emphaty secara bersama-sama terhadap tingkat kepuasan pengunjung. (2) Untuk mengetahui diantara ketiga dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliability, dan emphaty), dimensi manakah yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi dan informasi untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang telah diberikan kepada pengunjung. Dari evaluasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanannya.
Penelitian ini dilakukan di obyek wisata goa pindul dengan mempergunakan sampel yang ditentukan dengan metode sampling dengan mempertimbangkan kriteria tertentu yakni pengunjung yang telah mengunjungi Goa Pindul lebih dari satu kali sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisoner sedangkan metode analisis data yang digunakan meliputi analisis instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas, dan uji reliabilitas.
Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan mean arithmetic, dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data, metode analisis ini merupakan hasil bagi dari jumlah semua nilai dengan banyaknya nilai yang kemudian di masukkan ke dalam diagram kartesius untuk mengetahui peta atau potret kepuasan pelanggan berada pada kuadran A,B,C ataukah D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi kualitas pelayanan, tangibles, reliability, emphaty, kepuasan konsumen,.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:36
Last Modified: 24 Aug 2023 08:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21126

Actions (login required)

View Item
View Item