ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO FAJAR SILVER GODEAN YOGYAKARTA

Wulansari, Ika (2012) ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO FAJAR SILVER GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
Laporan Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi
perusahaan. Hal tersebut dikarenakan kepuasan pelanggan sangat berpengaruh
terhadap keberlangsungan usaha. Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh beberapa
faktor, antara lain kualitas pelayanan, kualitas produk, harga produk, tata letak
ruangan dan loksi usaha. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah kualitas pelayanan, kualitas produk, harga produk, tata letak
ruangan dan lokasi usaha berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Toko
Fajar Silver.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan
kuesioner kepada para pelanggan dan diisi oleh 50 responden. Penelitian
dilakukan selama 10 hari, yaitu dari tanggal 10 – 19 Januari 2012. Metode analisa
data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas dan analisa regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan tidak berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji t, bahwa t hitung lebih
kecil dari t tabel, yaitu -0,957 < 2,012 dan tingkat signifikan 0,344 > 0,05.
Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelangan. Hal ini terbukti
dari hasil uji t, bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel, yaitu 0,871 < 2,012 dan
tingkat signifikan 0,388 > 0,05. Harga produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji t, bahwa t hitung lebih
besar dari t tabel, yaitu 2,640 > 2,012 dan tingkat signifikan 0,011< 0,05. Tata
letak ruangan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti
dari hasil uji t, bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel, yaitu 0,953 < 2,012 dan
tingkat signifikan 0,346 > 0,05. Lokasi usaha tidak berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan. Hal ini terbukti dari hasil uji t, bahwa t hitung lebih kecil
dari t tabel, yaitu -0,202 < 2,012 dan tingkat signifikan o,840 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:02
Last Modified: 12 Nov 2024 02:02
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item
View Item