PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN R+ KLINIK GIGI CONDONG CATUR SLEMAN YOGYAKARTA

Nugraha, Ginsa Adisti (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN R+ KLINIK GIGI CONDONG CATUR SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full teks] Text (Full teks)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

INTISARI
Pelayanan kesehatan merupakan faktor penting untuk menjaga kualitas hidup manusia. Layanan kesehatan yang berkualitas adalah suatu layanan kesehatan yang dibutuhkan sekaligus diinginkan oleh pasien maupun masyarakat. Kepuasan konsumen merupakan bentuk rasa puas maupun kecewa yang timbul setelah membandingkan kinerja hasil sebuah produk atau jasa yang telah diterima dengan sebuah totalitas kinerja yang diharapkan. Kualitas pelayanan memiliki lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap kepuasan pasien R+ Klinik Gigi Condong Catur, Sleman, Yogyakarta baik secara parsial maupun simultan dan mengetahui dimensi kualitas layanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pengguna jasa R+ Klinik Gigi Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan di R+ Klinik Gigi Condong Catur, Depok, Sleman. Sampel penelitian terdiri dari 100 orang pasien kemudian dibagikan kuisioner. Skala likert yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas empat kategori, yaitu: Sangat Baik, Baik, Tidak Baik, Sangat Tidak Baik. Sedangkan skala likert untuk kuisioner yang berhubungan dengan kepuasan konsumen menggunakan empat kategori, yaitu: Sangat Puas, Puas, Tidak Puas, Sangat Tidak Puas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif, yaitu analisis data menggunakan statistik. Statistik yang digunakan dapat berupa statistik deskriptif dan inferensial/induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, reliability mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, responsiveness tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, assurance tidak mempunyai pengaruh terhaadap kepuasan pelanggan dan empathy tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan. Tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan R+ Klinik Gigi Condong Catur, Sleman, Yogyakarta.
Kata kunci : pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, jasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:20
Last Modified: 28 Aug 2023 03:20
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21254

Actions (login required)

View Item
View Item