ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSETS TURNOVER, INVENTORY TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 – 2015)

ANDRIANTO, DIWAN (2017) ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO, DEBT TO EQUITY RATIO, TOTAL ASSETS TURNOVER, INVENTORY TURNOVER TERHADAP RETURN ON EQUITY (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF DAN KOMPONEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012 – 2015). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Full teks] Text (Full teks)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Trunover (TAT), dan Inventory Turnover (IT) terhadap Return on Equity (ROE).
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria (1) Perusahaan Otomotif dan Komponen yang listed di BEI yang selalu menyajikan laporan keuangan tahun buku berakhir 31 desember selama periode pengamatan (2012-2015) baik terdapat di ICMD dan annual report. (2) Perusahaan harus sudah listed pada awal periode pengamatan dan tidak di delisting sampai akhir periode pengamatan.(3) Dalam laporan keuangan mencantumkan nilai rasio keuangan yang akan diteliti meliputi ROE, CR, DER, TAT, dan IT. (4) Pada awal periode pengamatan hingga akhir periode pengamatan menghasilkan laba yang positif. Diperoleh jumlah sempel sebanyak 9 perusahaan dari 11 perusahaan selama periode pengamatan 4 tahun pada sektor Otomotif dan Komponen. jumlah sampel sebanyak 36 selama periode pengamatan 4 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t secara parsial, uji F secara simultan dengan level of significance 5% dan uji koefisien determinasi.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data CR, DER, TAT, IT secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROE perusahaan Otomotif dan Komponen di BEI periode 2012-2015 pada level of significance kurang dari 5% variabel IT sebesar 0,000% dan variabel CR, DER, TAT lebih dari 5%. Sementara secara simultan (CR, DER, TAT, dan IT) terbukti signifikan berpengaruh terhadap ROE perusahaan Otomotif dan Komponen di BEI pada level kurang dari 5% yaitu sebesar 0,000%. Kemampuan prediksi dari keempat variabel tersebut terhadap ROE sebesar 50,9% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 50,9%, sedangkan sisanya 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Kata kunci : Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Trunover (TAT), Inventory Turnover (IT) dan Retrun on Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:24
Last Modified: 28 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item
View Item