Visuanto, Anton (2016) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak dan Abstract.pdf
Download (42kB)
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan
belajar dan dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 68 orang mahasiswa dengan
tehnik probability sampling dengan proportionate stratified random sampling.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
metode skala. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1. Uji
asumsi, dan 2. Uji hipotesis dengan korelasi product moment untuk menguji
hipotesis satu dan dua, sedangkan untuk hipotesis tiga dianalisis dengan regresi
ganda. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: berdasarkan analisis product
moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi 0,653 dengan p < 0.01.
Hasil uji ini menunjukan bahwa ada hubungan positif antara kedisiplinan belajar
dengan kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Berdasarkan
analisis product moment diperoleh hasil berupa nilai koefisien korelasi adalah
0.526 dengan p < 0.01. Hasil uji ini menunjukan bahwa ada hubungan positif
antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta. Berdasarkan analisis regresi berganda, hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa secara bersama-sama ada hubungan antara kedisiplinan
belajar dan dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar pada mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad
Dahlan Yogyakarta. Kemandirian belajar pada mahasiswa dapat diprediksi dari
variabel kedisiplinan belajar dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama
sebesar 0,460 atau 46,0% sedangkan sisanya sebesar 54,0% dijelaskan oleh
variabel lain seperti kematangan usia, jenis kelamin, intelegensi, metode belajar
dan pembimbing (guru dan pelatih).
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan belajar, dukungan sosial orangtua, kemandirian belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Sains |
Depositing User: | Magister Psikologi Sains UMBY |
Date Deposited: | 16 Nov 2024 06:50 |
Last Modified: | 16 Nov 2024 06:50 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21533 |