PESAN VISUAL PADA IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pesan Visual Atas Sistem Edukasi Ibu Kepada Anak Dalam Iklan Biskuat Versi “Semangat Ibu dan Anak”)

Mulyati, Ariestya Dwi (2016) PESAN VISUAL PADA IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Pesan Visual Atas Sistem Edukasi Ibu Kepada Anak Dalam Iklan Biskuat Versi “Semangat Ibu dan Anak”). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
S1-2016-11072010-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan/periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang
bertujuan untuk mempersuasi khalayak sasaran. Iklan selalu hadir menyapa kita
secara personal dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai media, baik media
dalam ruang/luar ruang, cetak, elektronik, atau media internet yang kemudian
menggiring kita untuk tunduk pada segenap tuturan ideologis maknanya.
Visualisai, narasi atau dialog dalam iklan Biskuat Versi “Semangat
Ibu dan Anak” merupakan penggambaran yang penuh daya tarik bagi khalayak
sasaran, baik dalam pembentukan pesan visual maupun dalam konsep iklan.
Agar dapat mengetahui pesan visual dalam iklan atas sistem edukasi
Ibu terhadap Anak pada Iklan Biskuat Versi “Semangat Ibu dan Anak”, dapat
dilakukan dengan menerapkan pendekatan kajian semiotika. Kajian semiotika
yang digunakan disini yaitu menggunakan analisis semiotika yang mengacu pada
teori Roland Barthes. Hal ini dilakukan penulis karena dirasa cocok dengan
penelitian sebuah iklan televisi, dengan pemaknaan dua tahap denotasi dan
konotasi yang digunakan Roland Barthes dalam teori semiotiknya.
Berdasarkan hasil dari temuan penelitian, bahwa tanda, makna, dan
mitos yang muncul pada iklan Biskuat Versi “Semangat Ibu dan Anak” dalam
penelitian ini yaitu penggambaran bagaimana seorang Ibu ikut serta dalam
memberikan edukasi kepada si Anak agar si Anak memiliki semangat pantang
menyerah untuk mendapatkan apa yang diinginkan, yang dalam iklan ini
divisualisasikan dengan melakukan lomba lari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Visual, Edukasi, Semiotika, Roland Barthes
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Nov 2024 11:05
Last Modified: 19 Nov 2024 11:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21682

Actions (login required)

View Item
View Item