Rosidi, Ikhsan (2011) ANALISIS PREFERENSI MEREK PRODUK MIE INSTAN BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN (Tinjauan Pada Mie Instan Merek Mie Sedaap, Sarimi dan Indomie). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Ikhsan Rosidi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Konsumen sebelum mengambil keputusan pembelian akan membentuk
preferensi terhadap suatu merek. Preferensi tersebut berdasarkan atribut-atribut
yang dimiliki oleh suatu merek. Setiap atribut memiliki tingkat kepentingan dan
kualitas yang berbeda menurut persepsi konsumen. Tingkat kepentingan dan
tingkat kualitas atribut tersebut membentuk preferensi merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepentingan
atribut mie instan, bagaimana tingkat kualitas atribut mie instan merek Mie
Sedaap, Sarimi dan Indomie menurut persepsi konsumen dan bagaimana
preferensi konsumen atas ketiga merek tersebut. Adapun atribut produk mie instan
yang diteliti adalah: kemasan, aroma, informasi gizi, tingkat kekenyalan,
kelengkapan bumbu, kemudahan menyajikan, daya tahan disimpan, warna mie,
dan harga.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif atau penelitian bersifat komparatif
dengan membandingkan persamaan dan perbedaan fenomena tertentu, dengan
metode penelitian survei dan berlokasi di kampus II Universitas Mercu Buana
Yogyakarta. Pengambilan sampel sebanyak 100 orang, dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis
data dengan menggunakan model preferensi compensatory.
Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa seluruh atribut mie instan
masuk dalam kategori penting dan sangat penting. Atribut rasa dengan nilai rerata
tingkat kepentingan paling tinggi (4.48) dan atribut warna mie dengan nilai
terendah (3.49). Tingkat kualitas atribut pada Mie Sedaap tertinggi adalah atribut
rasa dengan nilai rerata 4.06 dan terendah adalah atribut kemasan dengan rerata
3.59, keduanya masuk dalam kategori baik. Pada sarimi tertinggi adalah atribut
rasa (3.96) dan terendah adalah atribut harga (3.43), keduanya masuk dalam
kategori baik. Pada Indomie tertinggi adalah atribut rasa (4.27) dengan kategori
sangat baik, dan terendah adalah atribut warna mie (3.64) dengan kategori baik.
Sementara itu preferensi merek tertinggi adalah Indomie dengan nilai preferensi
sebesar 34.97, disusul berikutnya Mie Sedaap dengan nilai preferensi 33.15 dan
terakhir adalah Sarimi dengan nilai 31.88.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:24 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:24 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21697 |