Yulianti, Ninda Sari (2016) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN CUSTOMER SATISFACTION TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KCP KATAMSO. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
SKRIPSI NINDA SARI YULIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Tabungan merupakan produk yang berfungsi untuk penghimpunan dana dan kemudian untuk pembiayaan. Tabungan yang memakai sistem syariah dalam operasionalnya memiliki beberapa akad, antara lain mudhorobah, salam dan wadiah. Dengan pembiayan ini pihak bank akan mendapat keuntungan dan akan menjadi dana yang nantinya akan dibagihasilkan kepada nasabah tabungan. Untuk menghimpn dana diperlukan strategi-strategi agar menarik pada nasbahnya untuk selalu melakukan transaksi perbankan secara teru-menerus. Dari situlah peneliti ini mengambil lima variable independen yaitu trust (kepercayaan), Commitment (komitmen), communication (komunikasi), confict handing (penanganan keluhan) customer satisfaction (kepuasan pelanggan). Sedangkan untuk variable dependen yaitu loyalitas nasahab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakan trust, Commitment, communication dan confict handing memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah
Penelitian ini termasuk studi lapangan (field study) yaitu studi yang dilakukan dalam situasi alami dengan jumlah intervensi minimal dari peneliti terhadap arus kejadian dalam situasi, karena data diperoleh dari nasabah BPD DIY Syariah sebagai objek penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisi regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BPD DIY Syariah. Yang menggunakan perbankan berupa tabungan dan kemudian populasi tersebut menjai objek penelitian.
Berdasarkan hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) trust, Commitment, communication, confict handing , dan customer satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Untui uji koefisien determinasi diperoleh R square sebesar (0,398) hal ini menunjukkan bahwa trust, Commitment, communication, confict handing , dan customer satisfaction berpengaruh 39,8% terhadap loyalitas nasabah dan sisanya 60,2% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti sedangkan dari hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa trust, Commitment, communication, confict handing , dan customer satisfaction secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | trust, Commitment, communication, confict handing , dan customer satisfaction, dan Loyalitas Nasabah |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Managemen UMBY |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 10:27 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 10:28 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21815 |