DETEKSI KERUSAKAN JARINGAN FIBER OPTIK MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING

Arifin, Mukhamad (2020) DETEKSI KERUSAKAN JARINGAN FIBER OPTIK MENGGUNKAN METODE FORWARD CHAINING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of SOURCE CODE] Archive (SOURCE CODE)
SOURCE CODE (MUKHAMAD ARIFIN-16111078).zip
Restricted to Repository staff only

Download (51MB) | Request a copy

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. memiliki anak perusahaan yang bertugas dalam pengelolaan jaringan fiber optik yaitu PT. Telkom Akses. Sistem yang di terapkan dalam penyelesaian gangguan adalah helpdesk mengirimkan semua tiket kepada teknisi karena keterbatasan diagnosa pada unit helpdesk atau customer service. Sedangkan tipe penanganan gangguan ada dua macam yaitu melalui remote dan penyelesaian oleh teknisi langsung. Oleh karena itu untuk membantu helpdesk atau customer service dalam mendiagnosa gangguan maka dibutuhkan sebuah sistem agar dapat mempercepat penanganan gangguan jaringan pada fiber optik berbasis web.
Maka dalam penelitian ini, Peneliti bertujuan untuk membuat prototipe sistem deteksi kerusakan jaringan fiber optik menggunakan metode Forward Chaining (runut maju) untuk membantu helpdesk atau customer service dalam penanganan gangguan jaringan pada fiber optik berbasis web dengan menggunakan data gejala, data kerusakan serta data aturan. Pada penelitian ini data kerusakan jaringan fiber optik dibatasi dengan 9 data kerusakan, 35 data gejala serta 9 aturan yang terdapat 140 data keputusan.
Hasil pengujian akurasi disimpulkan bahwa akurasi sistem berdasarkan 36 data yang diuji adalah 33 data (91%) yang menunjukan bahwa sistem ini berfungsi dengan baik sesuai dengan diagnosa pakar. Ketidakakurasian sistem adalah 3 data (9%) yang disebabkan karena beberapa kemungkinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Forward Chaining, Deteksi, Kerusakan, Jaringan, Fiber Optik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:30
Last Modified: 31 Jan 2024 03:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21848

Actions (login required)

View Item
View Item