Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Auditor Switching Pada Perusahaan Infrastructure, Utility Dan Transportation Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021

Addyssaputri, Salsabillah (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Auditor Switching Pada Perusahaan Infrastructure, Utility Dan Transportation Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021. Naskah Publikasi Program Studi AKuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI SALSABILLAH.docx

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pergantian manajemen, opini audit, audit fee, dan ukuran perusahaan. Kasus-kasus skandal auditor dalam beberapa tahun belakangan ini memberikan bukti lebih jauh tentang kegagalan audit yang membawa akibat yang serius bagi masyarakat bisnis dan timbulnya krisis kepercayaan publik terhadap profesi akuntan publik. Penelitian ini menggunakan teori agensi yang dimana seorang auditor berperan sebagai penengah kedua belah pihak (agent dan principal). Data Penelitian ini berasal dari laporan keuangan seluruh perusahaan infrastructure, utility dan transportation yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Data sampel yang berhasil di analisis didalam penelitian ini berasal dari 15 perusahaan yang diperoleh dari metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis berupa uji regresi logistik. Hasil analisis bahwa variabel pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching, opini audit tidak berpengaruh terhadap auditor switching, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap auditor switching dan fee audit tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pergantian manajemen, Opini Audit, Ukuran Perusahaan, Fee audit, Pergantian Auditor
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:39
Last Modified: 29 Jan 2024 03:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item
View Item