STRATEGI PROGRAM PENYIARAN CERIA ANAK DI JOGJA TV DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN BAKAT PADA ANAKANAK YANG BERADA DI YOGYAKARTA

Abdurahman, Robin (2024) STRATEGI PROGRAM PENYIARAN CERIA ANAK DI JOGJA TV DALAM MENUMBUHKAN MINAT DAN BAKAT PADA ANAKANAK YANG BERADA DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Televisi merupakan media yang menarik dan familiar bagi anak-anak. Media televisi memiliki kemampuan untuk memberikan pesan yang ingin disampaikan melalui audio dan visual yang dikemas secara menarik untuk anak agar pesan yang ingin disampaikan dapat ditangkap oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penyiaran program “ceria anak” yang dijalankan oleh JogjaTV dengan strategi program penyiaran yang dikemukakan oleh Sydney W. Head. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi hasil observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyiaran program “ceria anak” yang dilakukan oleh JogjaTV sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Sydney W. Head yang terdiri dari (1) Compatibility, dilakukan dengan cara menyesuaikan jam tayang dengan aktivitas anak-anak di Yogyakarta, (2) Habit Information, dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan anak-anak di Yogyakarta, (3) Control of Audience Flow, dilakukan dengan cara menayangkan program yang berbeda pada satu waktu dan membuat program pesaing, (4) Conservation of Program Resources, dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang dengan efisien untuk memaksimalkan kualitas program yang ditayangkan, (5) Breadth of Appeal, dilakukan dengan cara terus memperhatikan minat dan kesenangan penonton terhadap program yang ditayangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stasiun Televisi, Strategi Program Penyiaran, JogjaTV, Program Ceria Anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2024 04:12
Last Modified: 31 Dec 2024 04:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item
View Item