Puspa, Melbia Tiara (2024) CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA (DISKOMINFO) KABUPATEN KUNINGAN DALAM PENGELOLAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK UNTUK MENCAPAI GOOD GOVERNANCE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (30kB)
BAB I.pdf
Download (144kB)
BAB V.pdf
Download (27kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (44kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (39kB) | Request a copy
Abstract
Teknologi dan perkembangannya memberikan implikasi yang cukup signifikan diberbagai sektor kehidupan manusia. Salah satunya adalah di bidang Kehumasan, hadirnya teknologi membantu praktisi Humas untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Pemanfaatan teknologi digital dalam aktivitas kehumasan atau yang selanjutnya dikenal dengan istilah cyber public relations saat ini tengah ramai digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kepentingan, tak terkecuali Instansi Pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cyber public relations Dinas Komunikasi dan Informatika dalam pengelolaan informasi dan Komunikasi Publik untuk Mencapai Good Governance. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan mengacu pada teori dari Bob Julius Onggo tentang Jenis-jenis cyber public relations. Penghimpunan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Diskominfo Kuningan menggunakan tiga jenis cyber public relations yang meliputi e-mail, website, dan multimedia (instagram dan youtube), sedangkan dua jenis cyber public relations lainnya yang tidak digunakan adalah blog dan e-magazine, tidak digunaknnya kedua media tersebut lantaran keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia untuk mengelola media tersebut. Pengelolaan cyber public relations yang baik dengan komitmen memberikan pelayanan informasi dan komunikasi publik yang optimal membuat Diskominfo mampu membantu Kabupaten Kuningan menyabet gelar Kabupaten Informatif selama dua tahun berturut-turut dan masuk ke dalam nominasi 100 Kabupaten / Kota Smart City yang ada di Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations, Good Governance, Smart city, Website, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 04:26 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 04:26 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22123 |