Yuniar, Vira Fitriani (2024) PENERAPAN CYBER PUBLIC RELATIONS DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KEBUMEN DALAM MENYEBARLUASKAN INFORMASI PARIWISATA MELALUI NEW MEDIA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (34kB)
BAB I.pdf
Download (103kB)
BAB V.pdf
Download (31kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (40kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (28kB) | Request a copy
Abstract
Cyber public relations menjadi terobosan baru dalam bidang public relations. Salah satu perannya sebagai ujung tombak informasi yang mana dituntut untuk dapat menyalurkan informasi seluas-luasnya. Dalam hal ini lah, kehadiran cyber public relations menjadi salah satu jawaban akan tantangan tersebut. Cyber public relations dengan memanfaatkan new media berbasis internet telah diterapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen dalam menyebarkan luaskan informasi pariwisata juga memperluas target audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan cyber public relations pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen dalam menyebarluaskan informasi pariwisata melalui new media. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teori cyber public relations milik Holtz yang memiliki empat indikator. Hasil penelitian ini ditemukan bahawasanya mengenai indikator pertama yakni strategic telah diupayakan dengan baik melalui pengelolaan media, jadwal publikasi, bentuk penyampaian informasi, dan kolaborasi. Selanjutnya adalah integrated ngan memanfaatkan new media khususnya media sosial dan website. Targeted ditempuh dengan identifikasi audience berdasarkan umur dan melakukan promosi berbayar. Measurable dengan melakukan analisis media seperti melihan insight dan followers. Berdasarkan hasil tersebut penerapan cyber public relationsnya sudah cukup baik tetapi ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber Public Relations, Informasi Pariwisata, Media Baru |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 04:42 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 04:42 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22128 |