REPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN MEN’S BIORE VERSI “CERAH ITU MUDAH” DAN VERSI “CERAHISASI”

SAH’FII, RAHMAN (2024) REPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN MEN’S BIORE VERSI “CERAH ITU MUDAH” DAN VERSI “CERAHISASI”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Rahman Sahfii_200710149.docx
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy

Abstract

Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang sangat efektif dalam menyajikan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa. Rasisme dalam iklan dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari penggunaan stereotip rasial hingga representasi yang bias terhadap kelompok etnis tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi rasisme yang ada dalam iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi”. Penelitian ini menggunakan teori semiotika John Fiske. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Dokumentasi, dan studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Analisis dilakukan dengan mengamati gambar-gambar dari adegan atau scene yang ada pada iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi” yang merepresentasikan rasisme yang kemudian setiap adegan yang ada pada kedua iklan tersebut dibagi menjadi 3 level analisis yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan adanya tindakan rasisme baik secara langsung (verbal) maupun tidak langsung (non-verbal), seperti prasangka, stereotip, dan diskriminasi, yang muncul dalam kedua iklan tersebut. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa rasisme dalam iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi” direpresentasikan melalui penampilan, riasan, gestur/perilaku, ekspresi, Teknik penggunaan kamera, voice over, dialog, dan ras

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, John Fiske, Iklan, Rasisme, Men’s Biore.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 31 Dec 2024 04:44
Last Modified: 31 Dec 2024 04:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22133

Actions (login required)

View Item
View Item