SAH’FII, RAHMAN (2024) REPRESENTASI RASISME DALAM IKLAN MEN’S BIORE VERSI “CERAH ITU MUDAH” DAN VERSI “CERAHISASI”. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Abstrak.pdf
Download (205kB)
BAB I.pdf
Download (437kB)
BAB V.pdf
Download (121kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (134kB)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Naskah Publikasi_Rahman Sahfii_200710149.docx
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
Abstract
Iklan merupakan salah satu media komunikasi yang sangat efektif dalam menyajikan dan mempromosikan ide, barang, atau jasa. Rasisme dalam iklan dapat muncul dalam berbagai bentuk, mulai dari penggunaan stereotip rasial hingga representasi yang bias terhadap kelompok etnis tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi rasisme yang ada dalam iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi”. Penelitian ini menggunakan teori semiotika John Fiske. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Dokumentasi, dan studi Pustaka. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Analisis dilakukan dengan mengamati gambar-gambar dari adegan atau scene yang ada pada iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi” yang merepresentasikan rasisme yang kemudian setiap adegan yang ada pada kedua iklan tersebut dibagi menjadi 3 level analisis yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi. Hasil penelitian menunjukkan adanya tindakan rasisme baik secara langsung (verbal) maupun tidak langsung (non-verbal), seperti prasangka, stereotip, dan diskriminasi, yang muncul dalam kedua iklan tersebut. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa rasisme dalam iklan Men’s Biore versi “Cerah itu Mudah” dan versi “Cerahisasi” direpresentasikan melalui penampilan, riasan, gestur/perilaku, ekspresi, Teknik penggunaan kamera, voice over, dialog, dan ras
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Semiotika, John Fiske, Iklan, Rasisme, Men’s Biore. |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 04:44 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 04:44 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22133 |