Kumala, Farhatz Cahya (2024) ANALISIS MAKNA TANDA PADA LOGO BRANDING CANDI PRAMBANAN MELALUI ANALISIS PENDEKATAN SEMIOTIKA VISUAL CHARLES SANDERS PEIRCE. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (106kB)
BAB I.pdf
Download (318kB)
BAB V.pdf
Download (106kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (107kB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (59kB) | Request a copy
Abstract
Logo merupakan identitas dari sebuah merek atau perusahaan. Setiap logo pasti memiliki tanda-tanda yang memiliki makna yang menggambarkan sebuah perusahaan atau merek tersebut. PT. Taman Wisata Candi membuat logo untuk masing-masing destinasi wisata yang dikelolanya. Salah satu dari logo destinasi wisata tersebut adalah logo branding untuk Candi Prambanan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana Makna Tanda Pada Logo Branding Candi Prambanan Melalui Analisis Pendekatan Semiotika Visual Charles Sanders Pierce? Dengan tujuan penelitiannya adalah untuk mengidentifikasi lebih dalam mengenai makna tanda pada logo branding Candi Prambanan melalui metode analisis semiotika visual Charles Sanders Peirce. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Charles Sanders Peirce Sebagai metode analisis dalam pemaknaan tanda pada logo branding Candi Prambanan. Metode analisis ini menggunakan 3 pembagian analisis yang dikenal dengan teori segitiga diantaranya adalah tanda, objek, dan penggunaan tanda. Adapun hasil penelitiannya ditemukan makna akan keagungan dari Candi Prambanan yang menjadi tempat ibadah umat hindu serta memberikan kesan yang hangat, penuh cinta, dan memiliki kasih sayang yang dapat menciptakan sebuah kemuliaan dan keluhuran di hati manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logo, PT. Taman Wisata Candi, Charles Sanders Peirce |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 06:10 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 06:10 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22167 |