IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATION DALAM MENUNJANG PERAN PR UNTUK MENINGKATKAN CITRA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MELIA PUROSANI HOTEL YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020

SINURAT, MARTAULI BR (2020) IMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATION DALAM MENUNJANG PERAN PR UNTUK MENINGKATKAN CITRA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MELIA PUROSANI HOTEL YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (60kB)

Abstract

Peran public relations dalam sebuah perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting. Hampir dalam seluruh perusahaan memiliki seorang public relations sebagai ujung tombak perusahaan. Di era teknologi komunikasi dan informasi hari ini, hampir seluruh kegiatan manusia dilakukan menggunakan teknologi, termasuk kegiatan kehumasan yang kini dikenal sebagai cyber public relations. Dalam kondisi sosial dimana wabah virus sedang terjadi, sehingga menyebabkan perubahan pola interaksi sosial; social distancing, work from home, dunia cyber memungkinakan segala aktivitas dilakukan termasuk kegiatan kehumasan untuk tetap berjalan meski di masa Covid-19. Dalam hal ini, Hotel Melia Purosani, sebagai perusahaan yang mengimplementasikan cyber public relations di tengah kondisi Covid berupaya untuk meningkatkan citra perusahaan, karena kondisi Covid tidak hanya merugikan perusahaan secara bisnis namun juga secara reputasi. Melalui penelitian kualitatif, peneliti menggali bagaimana implementasi cyber public relations dan apa saja yang menjadi strategi, tantangan, dan peluang yang bisa dilakukan dan didapatkan dalam penerapan cyber public relations untuk meningkatkan citra perusahaan. Implementasi cyber public relations yang dilakukan di tengah kondisi Covid adalah memanfaatkan media-media digital dan ruang-ruang virtual yang tersedia, antara lain adalah memaksimalkan website dengan mengisi informasi-informasi terkait perusahaan itu sendiri, menulis artikel-artikel yang berkaitan dengan masa pandemi, melampirkan reward yang diterima perusahaan untuk membangun citra yang baik ke publik. Tantangannya adalah mengubah konten-konten yang sebelumnya telah dibentuk, menjadi lebih fokus untuk spreading awareness karena membaca ketakutan publik terhadap virus. Namun hal itu bisa dilakukan karena adanya peluang dari penerapan cyber public relations terkait mudahnya menyebarkan informasi dengan jangkauan yang sangat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Cyber Public Relations, Strategi, Peluang & Tantangan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 09 Dec 2024 07:47
Last Modified: 09 Dec 2024 07:47
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item
View Item