SISTEM PEMILIHAN PRODUK WARALABA DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Wulandari, Oktoviana Suryaningtyas (2020) SISTEM PEMILIHAN PRODUK WARALABA DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogykarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEKS] Text (SKRIPSI FULLTEKS)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (695kB)

Abstract

Pada saat ini sudah banyak jenis produk waralaba yang ada di Indonesia khususnya di Yogyakarta. Apalagi dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan keuntungan dengan usaha waralaba atau frenchise. Mengingat perlu pengetahuan dan pengalaman tertentu untuk menjalani usaha, maka banyak orang yang lebih memilih usaha dengan sistem waralaba, karena usaha waralaba sudah memiliki standar dan merk tersendiri. Sehingga tidak harus mulai dari awal perancangan usaha dan prosedur awal lainnya. Bagi orang yang baru didunia usaha tentu akan mengalami kesulitan dalam memilih usaha waralaba yang tepat. Dalam memilih ada kriteria-kriteria yang dipertimbangkan dan masing-masing orang memiliki kriteria yang berbeda tingkat kepentingannya.
Solusi untuk memecahkan masalah pemilihan produk waralaba adalah dengan pembuatan sistm pendukung keputusan yang memiliki pemrosesan data dan pertimbanganya dalam membantu mengambil keputusan. Metode yang dipilih adalah menggunakan adalah Weighted Product yang lebih efisien karena waktu yang dibutuhkan dalam perhitungan lebih singkat.
Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan solusi pengambilan keputusan pemilihan produk waralaba, perlu disusun beberapa kriteria dan alternatif. Untuk membantu proses pemilihan produk waralaba, maka dibuat sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan product yang didalamnya terdapat tempat untuk memasukkan kriteria dan hasil perhitungan berupa alternatif produk waralaba dari metode di atas yang diharapkan mampu membantu calon wirausaha dalam menentukan produk waralaba.
Sistem pendukung keputusan berguna untuk mengolah data-data kriteria input pemilihan produk waralaba dan menghasilkan output berupa rekomendasi pemilihan produk waralaba yang memiliki bobot cukup. Berdasarkan perhitungan sistem, presentase keberhasilan yang di dapat adalah 100% sama dengan hasil perhitungan manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil perhitungan menggunakan sistem menghasilkan nilai V tertinggi pada produk waralaba yaitu 0.0201 pada alternatif ke-8 dengan nama produk waralaba Fremilt Thai Tea dan nilai V terendah yaitu 0.0097 pada alternatif ke-70 dengan nama produk waralaba The Clean Bar Shoes & Bag Cleaning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk Waralaba, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:40
Last Modified: 09 Dec 2024 08:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22629

Actions (login required)

View Item
View Item