Nopika, Demi (2007) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN DALAM MENGHADAPI RINTANGAN (AVERSITY INTELLIGENCE) DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
cover-VIKA-digabungkan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kecerdasan dalam
menghadapi rintangan dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMU
Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah
ada hubungan positif antara kecerdasan dalam menghadapi rintangan dengan
kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Subjek dalam penelitian ini siswa SMU
Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang sedang mengikuti pelajaran Bimbingan
Konseling kelas 2 IPS 2 dan IPA 1 yang jumlah keseluruhan siswanya 76 orang.
Metode pengumpulan data menggunakan Skala Kecerdasan Menghadapi Rintangan
dan Skala Kemampuan Pemecahan Masalah. Teknik analisis data yang digunakan
adalah Korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Berdasarkan analisis data
diperoleh koefisien korelasi antara kecerdasan dalam menghadapi rintangan dengan
Kemampuan Pemecahan Masalah sebesar r = 0,681 sehingga hipotesis diterima.
Semakin tinggi kecerdasan dalam menghadapi rintangan siswa, maka semakin tinggi
pula Kemampuan Pemecahan Masalahnya. Sumbangan efektif Kecerdasan dalam
Menghadapi Rintangan pada Kemampuan Pemecahan Masalah siswa sebesar 46,3%
berarti sebesar 53,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar faktor kecerdasan dalam
menghadapi rintangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecerdasan dalam Menghadapi Rintangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Perpustakaan UMBY |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:08 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:08 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/22738 |