HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA

Astuti, Agi Dwi (2017) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN INTENSI MEMBELI SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Mecu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan intensi membeli smartphone samsung pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara citra merek dengan intensi membeli smartphone samsung pada mahasiswa. Subjek penelitian ini sebanyak 90 mahasiswa di Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang terdiri dari 34 mahasiswa yang mempunyai smartphone samsung dan 56 mahasiswa yang tidak mempunyai smartphone samsung. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan 2 skala yaitu skala citra merek dan skala intensi membeli. Skala citra merek disusun berdasarkan komponen citra merek yaitu atribut produk, atribut non produk, manfaat fungsional, manfaat pengalaman, manfaat simbolik, sikap merek, dan skala intensi membeli disusun berdasarkan aspek intensi membeli yang terdiri dari aspek sikap konsumen terhadap perilaku membeli, norma subjektif konsumen terhadap perilaku membeli, dan kontrol perilaku terhadap perilaku membeli. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dari Carl Pearson. Dari analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,460 (p < 0,01) pada mahasiswa yang mempunyai smartphone samsung dan rxy sebesar 0,735 (p<0,01) pada mahasiswa yang tidak mempunyai smartphone samsung, yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara citra merek dengan intensi membeli smartphone samsung pada mahasiswa yang mempunyai smartphone samsung maupun pada mahasiswa yang tidak mempunyai smartphone samsung. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Variabel citra merek dalam penelitian ini mampu memprediksi sebesar 21,2% terdahap kemungkinan adanya intensi membeli pada mahasiswa yang mempunyai smartphone samsung dan 56% pada mahasiswa yang tidak mempunyai smartphone samsung di Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kata Kunci : Citra Merek, Intensi Membeli, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Alimatus Sahrah, M.Si., M.M.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 03:58
Last Modified: 18 Aug 2022 00:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item
View Item