HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN MINAT BELI BEDAK MUKA SARIAYU PADA MAHASISWI DI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Widiastuti, Okta HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK DENGAN MINAT BELI BEDAK MUKA SARIAYU PADA MAHASISWI DI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Naskah Publikasi Prodi Psikologi.

[thumbnail of Naskah publikasi] Text (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan minat beli bedak muka Sariayu pada mahasiswi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas produk dengan minat beli pada mahasiswi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek penelitian ini sebanyak 78 mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan karakteristik usia 18-25 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua skala penelitian yaitu skala persepi terhadap kualitas produk dan skala minat beli. Skala persepsi terhadap kualitas produk disusun berdasarkan aspek persepsi terhadap kualitas produk yang terdiri dari aspek kinerja, pelayanan, ketahanan, karakteristik produk, kesesuaian dengan spesifikasi, dan hasil. Skala minat beli disusun berdasarkan aspek minat beli yang meliputi aspek minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Teknik analisis menggunakan analisis korelasi product moment dari Carl Pearson. Dari analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar 0,472 (p < 0,01). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas produk dengan minat beli pada mahasiswi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis penelitian diterima. Minat beli dapat diprediksi dari variabel persepsi terhadap kualitas produk sebesar 22,3% dan sebesar 77,7% disebabkan oleh variabel lain. Kata Kunci : Persepsi terhadap Kualitas Produk, Minat Beli

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:01
Last Modified: 16 Aug 2017 04:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item
View Item