PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS ASSALAFIYYAH MLANGI

Pawestri, Estu PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTS ASSALAFIYYAH MLANGI. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Estu Pawestri: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa
(LKS) Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTs Assalafiyyah Mlangi. Skripsi.
Yogyakarta. Strata Satu. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa
lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi kubus dan balok, dan
untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran LKS berdasarkan pada aspek
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa kelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada
model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis) melalui analisis
kurikulum, Design (Perancangan), yaitu menyusun perangkat pembelajaran,
Development (Pengembangan) yaitu memvalidasi perangkat pembelajaran,
Implementation (Implementasi) yaitu melakukan kegiatan ujicoba pada proses
pembelajaran dikelas VIIIB dan VIIIC MTs Assalafiyyah, dan Evaluation
(Evaluasi) yaitu mengevaluasi perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa LKS dengan
kualitas kevalidan yang memenuhi kriteria valid ditunjukkan oleh dosen ahli
media dan ahli materi yang masing-masing dengan persentase 73,75% dan
89,37%, kemudian kualitas kepraktisan yang memenuhi kriteria praktis diperoleh
dari penilaian guru dan angket respon siswa dengan masing-masing persentase
80% dan 83,3%. Selanjutnya keefektifan diperoleh dengan melakukan
pengukuran tes kemampuan pemecahan masalah sehingga memenuhi kriteria
efektif ditunjukkan dari peningkatan persentase ketutasan siswa pada posttest
yaitu 100% jika dibandingkan dengan persentase ketuntasan siswa pada preetest
yaitu 0,4% dan 0% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran
LKS dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran (LKS), Kontekstual, Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 04:49
Last Modified: 16 Aug 2017 04:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item
View Item