STUDI KORELASI PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI DI SMPK TUNAS BANGSA KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Datta, Sandra Clarissa Umbu (2017) STUDI KORELASI PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI DI SMPK TUNAS BANGSA KUPANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi terutama internet yang begitu pesat menjadikan game online sebagai salah satu hal yang sulit untuk dipisahkan dari para pengguna gadget termasuk anak-anak di sekolah, karena game online sangat mudah diakses dengan koneksi internet. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memaparkan hasil studi korelasi antara intensitas penggunaan game online dengan prestasi belajar siswa.Alasan pokok dibalik pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan bermain game online dapat mempengaruhi prestasi siswa-siswi di sekolah.
Dengan adanya game online, berpotensi menimbulkan dampak positif dan negatif, dampak ini mengakibatkan penurunan prestasi belajar siswa disekolah, dan ada yang mengatakan bahwa online game dapat meningkatkan semangat belajar jika penggunaan waktu dapat diatur. Dengan ambigu seperti ini, penelitian dengan metode kuantitatif ini dilakukan di SMPK Tunas Bangsa di Kota Kupang, dengan populasi sebanyak 105 anak dan sampel sebanyak 53 anak. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara.
Dari data yang berhasil dikumpulkan dan hasil analisis dengan menggunakan teknik korelasi Kendall Tau’s, penulis mendapatkan bahwa ada hubungan negatif signifikan (r =-0.010) antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar siswa-siswi di sekolah tersebut.Namun, studi lebih lanjut dengan jumlah siswa yang lebih banyak dan lebih banyak sekolah yang terlibat dapat memberikan gambaran yang lebih baik mengenai situasi ini.
Kata kunci : kemajuan teknologi, korelasi, intensitas, game online, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi S,S.Kom,I., M.A
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 16 Aug 2017 07:48
Last Modified: 18 Aug 2022 03:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item
View Item