KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP KOMUNITAS ELF ‘EVERLASTING FRIEND’ DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP KOMUNITAS ELF YOGYAKARTA) NOVEMBER 2017 – APRIL 2018

Kasim, Novita (2018) KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP KOMUNITAS ELF ‘EVERLASTING FRIEND’ DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF TENTANG KOMUNIKASI DAN GAYA HIDUP KOMUNITAS ELF YOGYAKARTA) NOVEMBER 2017 – APRIL 2018. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Globalisasi membuat dunia tanpa batas, media adalah saluran interaksi utama yang kini menghubungkan banyak individu, kelompok, bahkan negara. Di antara berbagai media massa yang ada, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet. Televisi merupakan salah satu media massa yang paling luas dan berpengaruh terhadap manusia sehingga daya tarik televisi lebih besar di bandingkan dengan media massa lainnya. Televisi merupakan salah satu media massa yang paling diminati oleh masyarakat dan paling memberikan pengaruh besar terhadap pengetahuan, motivasi, gaya hidup, sikap dan perilaku penontonnya dengan tidak memandang usia, jenis kelamin, jabatan dan sebagainya. Melalui tayangan yang disuguhkan di televisi masyarakat dapat memilih, menyukai bahkan mengikuti gaya hidup budaya-budaya luar yang mereka sukai, salah satunya adalah budaya Korean Wave / Korean Pop.
Budaya Korean Wave ini hadir dalam berbagai bentuk seperti konten musik, film, realityshow, hingga liputan berita. Ketertarikan pada budaya Korea membuat anak muda Yogyakarta membentuk komunitas khusus sesuai dengan idola Korea yang mereka kagumi salah satunya adalah ELF (komunitas pecinta grup boyband Super Junior). ELF Yogyakarta merupakan salah satu komunitas terbesar penggemar korean pop yang memiliki 1.779 anggota. Maka dari itu yang menjadi latar permasalahan yang ingin peneliti lakukan adalah tentang Komunikasi dan Gaya Hidup Komunitas Korean Pop “ELF Yogyakarta” di Kota Yogyakarta. Lewat penelitian dengan metode kualitatif, penyusun ini fokus pada bagaimana masyarakat Indonesia khususnya anak muda di Yogyakarta memilih serta menikmati produk budaya Korea hingga imbasnya pada gaya hidup mereka.
Kata Kunci : Gaya Hidup, Korean Wave, ELF Yogyakarta, Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Kristina Andryani S.Sos., M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 15 Aug 2018 06:57
Last Modified: 18 Aug 2022 03:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item
View Item