Tomi, Agus (2018) STRATEGI MANAJEMEN KRISIS WARUNG KOPI BLANDONGAN (STUDI TENTANG PENANGANAN KRISIS AKIBAT KONFLIK DENGAN MASYARAKAT) PERIODE 2017 - 2018. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (42kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (80kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (146kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (57kB)
BAB V.pdf
Download (39kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (800kB)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi manajeman krisis Warung Kopi Blandongan dalam menangani konflik dengan warga masyarakat. Perkembangan bisnis Warkop Blandongan tidak lepas dari konflik dan krisis yang pernah menyertainya. Pada masa awal berdirinya, ketika masih berupa ruko kecil, pernah terjadi konflik dengan warga sekitar yang berakibat pada krisis usaha warung kopi ini. Konflik ini melatarbelakangi keputusan manajemen penting yang menjadi bagian dari strategi manajemen krisis dalam menangani konflik dengan warga. Keputusan manajemen tersebut memiliki andil besar dalam perkembangan bisnis Warung KopI Blandongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan strategi manajemen krisis Warung Kopi Blandongan dalam menangani krisis akibat konflik dengan masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang menjadi tempat penelitian lapangan ini yaitu Warung Kopi Blandongan yang beralamat di Jl. Sorowajan Baru No. 11, Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta. Penelitian ini Objek penelitian atau sasaran yang menjadi fokus dari penelitian ini yaitu strategi manajemen krisis yang diterapkan Warung Kopi Blandongan dalam menangani konflik dengan masyarakat sekitar. Subjek dari penelitian ini adalah informan yaitu pemilik (owner) sekaligus direktur Warung Kopi Blandongan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Warung Kopi Blandongan menerapkan dua alternatif strategi manajemen krisis terkait konflik dengan masyarakat yaitu Strategi Dinamis dan Preventif. Warung Kopi Blandongan menerapkan Strategi Dinbamis ketika mengalami konflik yang berakibat krisis saat masih di lokasi lama dengan melakukan investasi baru untuk merelokasi usaha ke tempat baru yang lebih luas. Kemudian berdasarkan pengalaman konflik dengan warga yang berakibat krisis sebelumnya, Warung Kopi Blandongan menerapkan Strategi Preventif sebagai upaya antisipatif untuk mencegah konflik dengan warga sekitar. Strategi Preventif ini dilaksanakan dengan jalan membangun hubungan harmonis dengan warga sekitar.
Kata Kunci: warung kopi, manajemen krisis, konflik, strategi dinamis, dan strategi preventif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Rani Dwi Lestari, S.Sos., M.A., |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 03:16 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:22 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3431 |