POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM “MEMBER RELATION” CREDIT UNION SANDYA SWADAYA (Studi Kasus Pola Komunikasi Interpersonal Petugas dengan Anggota di Unit Pelayanan Lowanu Credit Union Sandya Swadaya Yogyakarta)

Susanti, Yulia (2018) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM “MEMBER RELATION” CREDIT UNION SANDYA SWADAYA (Studi Kasus Pola Komunikasi Interpersonal Petugas dengan Anggota di Unit Pelayanan Lowanu Credit Union Sandya Swadaya Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pihak perusahaan kepada pelanggan. Komunikasi yang dilakukan dengan tepat, membuat informasi yang disampaikan dapat diterima dengan tepat. Agar komunikasi dapat berjalan dengan baik, penggunaan pola komunikasi yang tepat akan menghasilkan komunikasi yang efektif. Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang pola komunikasi interpersonal yang terjadi di Credit Union Sandya Swadaya Unit Pelayanan Lowanu. Credit Union adalah Lembaga keuangan yang berbasis koperasi. Fokus penelitian ini pada pola komunikasi antara petugas dengan anggota di Unit Lowanu. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam pelaksaanannya, pola komunikasi yang digunakan adalah komunikasi interpersonal yang dilakukan secara dua arah atau interaktif. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Dalam penggunaanya, petugas di Unit Lowanu lebih sering menggunakan pola komunikasi interpersonal model interaktif. Pola interaktif merupakan pola yang efektif digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi guna menjaga hubungan baik dengan anggota, sehingga petugas dapat menjaga member relation dengan baik.
Kata kunci : Komunikasi interpersonal, pola komunikasi , member relation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Rosalia Prismarini Nurdiarti, S.Sos., M.A.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:30
Last Modified: 18 Aug 2022 04:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item
View Item