PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SEYEGAN TP 2016/2017

Azhar, Muhammad (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SEYEGAN TP 2016/2017. Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Matematika.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI.docx] Text
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bersifat sebab akibat (kausal) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data di laksanakan melalui pengisian angket gaya belajar kepada siswa kemudian semua data atau informasi di wujudkan dalam bentuk angka yang di analisis dengan statistik dan hasilnya di deskripsikan. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 64 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Peneliti menggunakan uji inner model, outer model, dan metode sobel untuk mendapat keabsahan data. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh t_(hitung )>t_tabel, yaitu visual 4,670 > 1,99, auditorial 4,090 > 1,99, kinestetik 7,551 > 1,99. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang berarti Gaya belajar mempunyai pengaruh besar terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Partial Least Square (PLS).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:25
Last Modified: 10 Jan 2020 01:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item
View Item