PENGARUH GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP

Sriyani, Fatmiyatun (2017) PENGARUH GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) Pengaruh model pembelajaran
group investigation terhadap kemampuan berpikir kreatif; (2) Pengaruh model
pembelajaran group investigation terhadap pemahaman konsep; (3) Perbedaan
pengaruh model group investigation dan model pembelajaran konvensional
terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep.
Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan nonequivalent control
group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 kelas dan sampelnya
terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan
purposive sampling. Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang akan mendapat
perlakuan model pembelajaran group investigationdan kelas VIII-A sebagai kelas
kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Masingmasing
kelas terdiri dari 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test, uji T2
Hotteling’s, dan uji Independent Sample T-Test.
Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat
disimpulakan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Seyegan; (2) Model pembelajaran group investigation berpengaruh
terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan; (3) Model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih berpengaruh dari pada
pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif dan tidak
terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran group investigation danmodel
pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Seyegan
Kata kunci:Group Investigation, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd.Si.,M.Pd.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 21 Aug 2017 05:14
Last Modified: 19 Aug 2022 02:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item