Marhaeni, Nafida Hetty (2017) PENGARUH METODE BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI (THINK PAIR SHARE)PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (224kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (265kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (344kB)
BAB V.pdf
Download (85kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode pembelajaran
Berpikir Berpasangan Berbagi (Think Pair Share/TPS) terhadap kemampuan
pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika di
kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan yang terdiri dari enam kelas dan berjumlah
192 siswa. Sedangkan sampelnya diambil secara purpossive sampling sebanyak dua
kelas, yaitu kelas VIII A dan kelas VIII C. Dalam penelitian ini, kelas VIII A berjumlah
32 siswa merupakan kelompok eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran TPS
dan kelas VIII C berjumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol yang diterapkan
metode konvensional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan belajar siswa.
Untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan metode TPS dan metode
konvensional digunakan uji manova, dan untuk melihat metode mana yang lebih
berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa
digunakan uji independent-sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh metode TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar
siswa, dan diperoleh bahwa metode TPS lebih berpengaruh daripada metode
konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan belajar siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Keaktifan Belajar, dan TPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 07:13 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:27 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/402 |