PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN

Astuti, Niki (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of bab 1.pdf]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[thumbnail of bab 5.pdf]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of cover fiks fiks.pdf]
Preview
Text
cover fiks fiks.pdf

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran
matematika kelas VIII SMP N 1 Pajangan yang mengikuti pembelajaran dengan
pendekatan
Model
-
Eliciting Activities
(MEAs) dan menggunak
an model konvensional.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian quasi eksperimen dengan
desain
pretest
-
posttest control group desain
. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel,
yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel teri
kat kemampuan
komunikasi matematika dan pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah 150 siswa kelas VIII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
cluster random sampling
. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian in
i adalah
tes kemampuan komunikasi matematika dan pemahaman konsep siswa.Untuk mengetahui
perbedaan pengaruh penggunaan MEAs dan model konvensional digunakan uji
manova,dan untuk melihat variable mana yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan
komunikasi mat
ematika dan pemahaman konsep siswa menggunakan
uji independent
-
sample t
-
test
.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran
matematika kelas VIII SMP N 1 Pajangan yang mengikuti dengan pendekatan
Model
-
Elicting Activitie
s
(MEAs) dan menggunakan pendekatan konvensional dengan model
pembelajaran yang biasa digunakan di SMP N 1 Pajangan. Selain itu, penelitian ini
menunjukkan bahwa pendekatan
Model
-
Elicting Activities
(MEAs) lebih berpengaruh
dibandingkan dari model konvens
inal yang biasa digunakan di SMP N 1 Pajangan.
Kata kunci: komunikasi matematika, pemahaman konsep dan
Model
-
Eleciting Activities
(MEAs)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:48
Last Modified: 19 Aug 2022 01:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item
View Item