PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN

Anita, Ana (2017) PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN KARTU) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMPN 1 SEYEGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian
ini
bertujuan untuk
m
e
ndiskripsikan pengaruh m
etode
Index Card
Match/
ICM
(mencari
pasangan k
artu)
terhadap keaktifan siswa dan kemampuan
pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1
Seyegan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspeimen dengan menggunakan
desain penelitian
pretest
-
postest control group de
sign
. Dalam penelitian ini
menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan
yang terdiri dari enam kelas. Sampel diambil secara
purpose sampling
sebanyak dua
kelas yaitu kelas VIII B dan VIII D. Dalam penelitian ini ,
kelas VIII B adalah
kelompok kontrol sehingga pada pembelajaran matematikanya menggunakan metode
konvensional, sedangkan kelas VIII D adalah kelompok eksperimen sehingga pada
pembelajaran matema
tikanya menggunakan metode
ICM
(mencari pasangan kartu).
Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
keaktifan siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengetahui
perbedaan pengaruh penggunaan metode
ICM
dan metode
konvensional digunakan
uji
manova
dan untuk melihat variabel mana yang lebih berpengaruh terhadap
keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji
Independent
-
Sample T
-
T
es
t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh metode
Index
Card M
atch
dan metode konvensional ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan
pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Selain itu, pengaruh
metode
Index Card M
at
ch
lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional
ditinjau dari keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1
Seyegan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
m
etode
Index Card Match
lebih berpengaruh
d
aripada
dengan metode konvensional terhadap k
eaktifan siswa dan kemampuan
pemecah
an masalah pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Seyegan
.
Kata k
unci
: keaktifan siswa, pemecahan masalah, ICM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nuryadi, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Sep 2017 07:32
Last Modified: 19 Aug 2022 01:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item