ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP PERSONAL BRANDING GITA SAVITRI DALAM YOUTUBE CHANNEL GITA SAVITRI

Maruta, Andini Sekar (2018) ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP PERSONAL BRANDING GITA SAVITRI DALAM YOUTUBE CHANNEL GITA SAVITRI. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of Bab I.pdf]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

YouTube kini menjadi situs berbagi video yang digandrungi oleh para pengguna intertnet. Segala macam konten video dapat di temukan dalam situs YouTube. Terlebih, Kaum muda saat ini dinilai lebih aktif dalam bermedia-sosial. Skripsi ini membahas tentang bagaimana resepsi audiens atau pemaknaan audiens terhadap personal branding Gita Savitri dalam YouTube channel Gita Savitri dengan menggunakan teori encoding-decoding milik Stuart Hall untuk melacak sebelas karakteristik personal branding milik Peter Montoya dan Rampershad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang berada dalam paradigma kontruktivis, bahwa kebenaran yang ini dicari dalam penelitian ini adalah bagaimana penerimaan audiens terhadap personal branding Gita Savitri di YouTube channel-nya.
Hasil analisa penelitian ini menunjukkan bahwa dari sembilan audiens yang penulis jadikan sample, dua diantara nya yang selalu berada pada posisi dominan hegemonic, tujuh diantaranya berada pada negotiated position dan dua berada pada posisi optional code. Secara garis besar, Analisis resepsi memandang audiens aktif dalam memaknai pesan media. Audiens tidak begitu saja menerima pesan media, latar belakang dan pengalaman tersendiri memberikan pengaruh dalam proses pemaknaan audiens. Sehingga hasil dari pemaknaan (decoding) ini bersifat linear yang menjadikan keberagaman pemaknaan (decoding) audiens terhadap personal branding Gita Savitri.
Kata Kunci : Analisis Resepsi, Personal Branding, Decoding Encoding, Stuart Hall, Peter Montoya, Hubert Rampershad, Gita Savitri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: M. Nastain, S.Sos.I., M.IKom
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Personal Branding, Decoding Encoding, Stuart Hall, Peter Montoya, Hubert Rampershad, Gita Savitri.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 08:08
Last Modified: 18 Aug 2022 03:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5037

Actions (login required)

View Item
View Item