NEW MEDIA DAN POPULAR CULTURE : (Studi Etnografi Virtual Popular Culture Pada Fandom Korean Pop Boygrup Exo Di Media Sosial Tahun 2018)

Amelia, Ima (2019) NEW MEDIA DAN POPULAR CULTURE : (Studi Etnografi Virtual Popular Culture Pada Fandom Korean Pop Boygrup Exo Di Media Sosial Tahun 2018). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Era New Media memberikan peluang besar untuk memberikan kemudahan untuk menyebarkan Budaya Populer secara menyeluruh keberbagai belahan negara di dunia, begitu juga yang dirasakan Negara Indonesia saat ini. Salah satu bentuk budaya populer yaitu Korean Pop sudah sangat dikenal dengan ciri khasnya memiliki sebuah kelompok penggemar yang banyak. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana sebuah Budaya Populer yang dilakukan oleh penggemar di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi Virtual yang berfokus pada budaya yang terdapat didalam kelompok penggemar di media sosial. Teori-teoi yang digunakan yaitu Budaya populer, dengan kajian audiens, konsumsi, penggemar juga identitas. Penggemar sebagai penikmat budaya populer menciptakan budaya baru berdasarkan ideologi yang mereka pahami yang mendorong perilaku-perilaku konsumsi, rekonstruksi teks, dan bagaimana fanatisme dapat terjadi didalam kelompok penggemar juga bagaimana sebuah identitas baru yang muncul ketika sudah menjadi bagian dari kelompok penggemar (fandom).

Kata Kunci : New Media, Budaya Populer, Penggemar, Etnografi, Sosial Media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I., M.A
Uncontrolled Keywords: New Media, Budaya Populer, Penggemar, Etnografi, Sosial Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2019 09:57
Last Modified: 18 Aug 2022 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item
View Item