Amelia, Ima (2019) New Media Dan Popular Culture : (Studi Etnografi Virtual Popular Culture Pada Fandom Korean Pop Boygrup Exo Di Media Sosial Tahun 2018). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
NASKAH PUBLIKASI .docx
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
Abstract
Era New Media memberikan peluang besar untuk memberikan kemudahan untuk menyebarkan Budaya Populer secara menyeluruh keberbagai belahan negara di dunia, begitu juga yang dirasakan Negara Indonesia saat ini. Salah satu bentuk budaya populer yaitu Korean Pop sudah sangat dikenal dengan ciri khasnya memiliki sebuah kelompok penggemar yang banyak. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana sebuah Budaya Populer yang dilakukan oleh penggemar di media sosial. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi Virtual yang berfokus pada budaya yang terdapat didalam kelompok penggemar di media sosial. Teori-teoi yang digunakan yaitu Budaya populer, dengan kajian audiens, konsumsi, penggemar juga identitas. Penggemar sebagai penikmat budaya populer menciptakan budaya baru berdasarkan ideologi yang mereka pahami yang mendorong perilaku-perilaku konsumsi, rekonstruksi teks, dan bagaimana fanatisme dapat terjadi didalam kelompok penggemar juga bagaimana sebuah identitas baru yang muncul ketika sudah menjadi bagian dari kelompok penggemar (fandom).
Kata Kunci : New Media, Budaya Populer, Penggemar, Etnografi, Sosial Media
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I., M.A |
Uncontrolled Keywords: | New Media, Budaya Populer, Penggemar, Etnografi, Sosial Media |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 25 Mar 2019 09:57 |
Last Modified: | 25 Mar 2019 09:57 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5074 |