PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SLOW LEARNER

Dewi, Nurani Sinta (2019) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SLOW LEARNER. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of COVER LAMPIRAN.pdf] Text
COVER LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS FULLTEXT.pdf] Text
TESIS FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media Kartu bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Slow Learner. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada peningkatan significan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak slow learner setelah mendapatkan intevensi menggunakan media kartu bergambar. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang siswa slow learner. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen pretest posttes kelompok tunggal berupa pengaruh penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak slow learner. Analisis kuantitatif menggunakan analisis non parametric (Wilcoxon). Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan membaca permulaan sebesar Z= -2,023 dengan nilai p= 0,043 < 0,050. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan signifikan peningkatan kemampuan membaca pada anak slow learner sebelum dan sesudah memperoleh intervensi media kartu bergambar. Penggunaan Media Kartu Bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak slow learner di kelas awal Sekolah Dasar.

Kata kunci: Tes Kemampuan Membaca, Media kartu Bergambar, Slow Learner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog.,Dr. Triana Noor Edwina D.S., M.Si., Psikolog.,Santi Esterlita Purnamasari, S.Psi., M.Si., Psikolog,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:19
Last Modified: 16 Aug 2022 08:02
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5087

Actions (login required)

View Item
View Item