Purwanti, Sri (2017) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
BAB I.pdf
Download (156kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (213kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (239kB)
BAB V.pdf
Download (85kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan
Project
Based Learning
(
PjBL
) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Sewon.
Penelitian i
ni adalah penelitian eksperimen semu dengan
pretest
-
posttest
nonequivalent control group design
. Penelitian ini menggunakan dua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup
seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sewon yang
terdiri dari empat kelas. Sampel
diambil secara
purpose sampling
sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII C dan VII D.
Pembelajaran matematika pada kelas VII D menggunakan model konvensional
dan pembelajaran pada kelas VII C menggunakan model pembelajaran
Project
Based Learning
(
PjBL
). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan
masalah matematis. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model
Project
Based Learning
(
PjBL
) dan model konvensional digunakan uji
one
-
sample t
test
dan untuk uji lanj
ut dilakukan uji
independent
-
sampel t
-
test
untuk melihat
variabel mana yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
) dan model konvensi
onal pada
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 3 Sewon. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
)
lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
SMPN 3 Sewon.
Kata kunc
i
: Pemecahan masalah, pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Nanang Khuzaini, S.Pd,Si., M.Pd |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pendidikan Matematika UMBY |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 05:22 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 01:27 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/552 |