PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL

Purwanti, Sri (2017) PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan
Project
Based Learning
(
PjBL
) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Sewon.
Penelitian i
ni adalah penelitian eksperimen semu dengan
pretest
-
posttest
nonequivalent control group design
. Penelitian ini menggunakan dua kelompok
yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup
seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Sewon yang
terdiri dari empat kelas. Sampel
diambil secara
purpose sampling
sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII C dan VII D.
Pembelajaran matematika pada kelas VII D menggunakan model konvensional
dan pembelajaran pada kelas VII C menggunakan model pembelajaran
Project
Based Learning
(
PjBL
). Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemecahan
masalah matematis. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model
Project
Based Learning
(
PjBL
) dan model konvensional digunakan uji
one
-
sample t
test
dan untuk uji lanj
ut dilakukan uji
independent
-
sampel t
-
test
untuk melihat
variabel mana yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
) dan model konvensi
onal pada
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPN 3 Sewon. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
)
lebih berpengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
SMPN 3 Sewon.
Kata kunc
i
: Pemecahan masalah, pembelajaran
Project Based Learning
(
PjBL
).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Nanang Khuzaini, S.Pd,Si., M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 18 Sep 2017 05:22
Last Modified: 19 Aug 2022 01:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item
View Item