CLICKBAIT JOURNALISM DAN PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK (Studi Kasus Pelanggaran Etika Jurnalistik Dalam Praktik Clickbait Pada Media Online Jogja.tribunnews.com Periode 1 Maret 2019 - 30 April 2019)

Yoseva Yamlean, 150710149 (2019) CLICKBAIT JOURNALISM DAN PELANGGARAN ETIKA JURNALISTIK (Studi Kasus Pelanggaran Etika Jurnalistik Dalam Praktik Clickbait Pada Media Online Jogja.tribunnews.com Periode 1 Maret 2019 - 30 April 2019). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI PENUH.pdf] Text
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya penggunaan internet erat kaitannya dengan perkembangan
digital yang terus-menerus. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi berbasis
internet yaitu media online. Media tidak hanya dapat dinikmati secara
konvensional namun dapat berupa online. Hal ini akhirnya membentuk budaya
baru yang berbeda dengan media konvensional yaitu cara penyajian informasi
yang sesuai dengan segmentasi pembacanya. Salah satu produk media online
adalah berita. Berita memilki karakteristik yang berbeda dengan informasi, berita
itu memuat teknik-teknik penulisan dan etika jurnalistik. Namun, dengan
karakteristik media online, juga perkembangan teknologi nampaknya membentuk
budaya atau fenomena baru, salah satunya praktik clickbait. Dimana praktik ini
dilakukan oleh perusahaan media dan penggunaan praktik ini diindikasi
melanggar etika jurnalistik. Dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana praktik
clickbait di media online dilakukan dan bagaimana pelanggaran etika jurnalistik
dari praktik clickbait ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dan studi kasus sebagai strategi dalam menjelaskan fenomena. Hasil dari
penelitian ini ada 7 praktik clickbait yang diterapkan pada jogja.tribunnews.com
dan 4 poin dalam kode etik jurnalistik yang dilanggar.
Kata kunci : media online, berita, clickbait, etika jurnalistik, jurnalism

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media online, berita, clickbait, etika jurnalistik, jurnalism
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:56
Last Modified: 06 Aug 2019 04:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item
View Item