Yoseva Yamlean, 150710149 (2019) Clickbait Journalism Dan Pelanggaran Etika Jurnalistik (Studi Kasus Pelanggaran Etika Jurnalistik Dalam Praktik Clickbait Pada Media Online Jogja.Tribunnews.Com Periode 1 Maret 2019 - 30 April 2019). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (1MB)
Abstract
Meningkatnya penggunaan internet erat kaitannya dengan perkembangan
digital yang terus-menerus. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi berbasis
internet yaitu media online. Media tidak hanya dapat dinikmati secara
konvensional namun dapat berupa online. Hal ini akhirnya membentuk budaya
baru yang berbeda dengan media konvensional yaitu cara penyajian informasi
yang sesuai dengan segmentasi pembacanya. Salah satu produk media online
adalah berita. Berita memilki karakteristik yang berbeda dengan informasi, berita
itu memuat teknik-teknik penulisan dan etika jurnalistik. Namun, dengan
karakteristik media online, juga perkembangan teknologi nampaknya membentuk
budaya atau fenomena baru, salah satunya praktik clickbait. Dimana praktik ini
dilakukan oleh perusahaan media dan penggunaan praktik ini diindikasi
melanggar etika jurnalistik. Dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana praktik
clickbait di media online dilakukan dan bagaimana pelanggaran etika jurnalistik
dari praktik clickbait ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dan studi kasus sebagai strategi dalam menjelaskan fenomena. Hasil dari
penelitian ini ada 7 praktik clickbait yang diterapkan pada jogja.tribunnews.com
dan 4 poin dalam kode etik jurnalistik yang dilanggar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media online, berita, clickbait, etika jurnalistik, jurnalism |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 04:55 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 04:55 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/5729 |