Silaen, Merry Christina (2019) Analisis Ruang Lingkup Public Relations Di Humas PT Inalum (Persero) (Studi Deksriptif Kualitatif Publik Internal Dan Eksternal PT Inalum (Persero) (Periode April-Mei 2019). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
NASKAH PUBLIKASI.doc
Download (113kB)
Abstract
Public Relations berasal dari dua kata berbahasa Inggris, public dan relations. Public relations merupakan bagian dari ilmu komunikasi berupa proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak dengan pihak yang lain. Konsep PR terdiri dari beragam aspek, salah satunya adalah publik dan hubungan yang terjadi. Menurut KBBI, aspek merupakan pemunculan atau penginterpretasian gagasan. Jenis publik dalam konsep PR yaitu publik internal dan publik eksternal. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) merupakan satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang peleburan aluminium di Indonesia memiliki PR untuk mengelola hubungan dengan publik internal dan eksternal perusahaan. Analisis ruang lingkup PR INALUM dibagi berdasarkan tugas pokok dan fungsi humas, yaitu bagian Hubungan Masyarakat dan bagian Administrasi. Metode analisis yang digunakan yakni metode kualitatif deksriptif. Kesimpulan yang dapat diambil adalah PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dapat menerapkan teori ruang lingkup PR untuk menjabarkan tugas pokok dan fungsi melalui aspek PR.
Kata kunci: Public relations, internal, eksternal
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public relations, internal, eksternal |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Jan 2020 05:01 |
Last Modified: | 08 Jan 2020 05:01 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6438 |