Richi, Selma (2017) MANAJEMEN EVENT PAMERAN POTENSI DAERAH SLEMAN 2017 (Studi deskriptif kualitatif pada manajemen event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman DIY). Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only
Download (193kB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Manajemen Event Pameran Potensi Daerah (PPD) Sleman 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman. Event Pameran Potensi Daerah Sleman merupakan event yang diadakan sebagai rangkaian acara hari jadi Kabupaten Sleman bertujuan untuk untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi daerah dan budaya yang terdapat di wilayah Kabupaten Sleman. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasiInforman dalam penelitian ini adalah penyeleggara sekaligus tim pelaksana dalam event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 dan Informan lainnya adalah pengunjung atau masyarakat Kabupaten Sleman saat mengunjungi event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukam peneliti, manajemen event yang dilakukan Dinperindag Kabupaten Sleman selaku penyelenggara event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 telah dilaksanakan dengan cukup baik, sesuai teori dengan menyesuaikan peraturan daerah. Manajemen event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 dilakukan dengan bertahap dimulai dengan perancangan anggaran kegiatan yang dilakukan pada tahun sebelum event diselenggarakan sesuai peraturan daerah terkait APBD. Kemudian research dilakukan pada awal tahun penyelenggaraan event menggunakan data evaluasi pada event yang sama ditahun sebelumnya. Tahap design pada event Pameran Potensi Daerah Sleman 2017 difokuskan guna menentukan tema dan strategi komunikasi. Tahap planning dilakukan penetapan waktu & tempat, kepanitian, serta penyusunan rangkaian acara. Kemudian tahap coordination yang dilakukan adalah koordinasi internal panitia, pihak pendukung, koordinasi dengan peserta. Yang terakhir adalah evaluation, dilakukan dengan memonitoring kegiatan selama event dilaksanakan kemudian data yang terkumpul digunakan dalam rapat evaluasi.
Kata Kunci: Manajemen event, research, design, planning, coordination, evaluation
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 08:02 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 08:02 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/651 |