KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM TAHUN 2019)

Chasanah, Nur (2019) KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA ANAK PENYANDANG TUNANETRA DI YAYASAN KESEJAHTERAAN TUNANETRA ISLAM TAHUN 2019). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi interpersonal menjadi proses komunikasi yang efektif serta proses yang dilakukan bisa dengan sederhana. Komunikasi terjadi pada siapa saja termasuk pada anak – anak berkebutuhan khusus, seperti anak penyandang tunanetra. Sebuah komunikasi antara penyandang tunanetra merupakan hal penting karena mereka tidak akan bisa berinteraksi dengan orang lain jika tidak diajak berkomunikasi terlebih dahulu. Karena keterbatasan mereka untuk melihat jika tidak disapa terlebih dahulu mereka tidak akan tahu. Saat berkomunikasi dengan penyandang tunanetra dirasa perlu untuk tidak mengingatkan bagaimana kondisi mereka agar tidak menyinggung perasaan mereka. Komunikasi interpersonal merupakan komunkasi yang sederhana antar individu dan dapat terapkan oleh anak berkebutuhan khusus, seperti anak – anak penyandang tunanetra di Yayasan kesejahteraan tunanetra islam (Yaketunis). Tujuan dari penelitian ini untuk : (1) Untuk mengetahui seperti apa Komunikasi Interpersonal Dalam Anak - Anak Penyandang Tunanetra Di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam, (2) Untuk mengetahui secara garis besar bagaimana proses komunikasi anak berkebutuhan khusus di Yayasan Kesejahteraan Islam Yogyakarta, (3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat selama proses komunikasi interpersonal anak - anak penyandang tunanetra di Yayasan Kesejahteraan Tunanetra Islam. Untuk membahas mengenai komunikasi interpersonal peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa sikap keterbukaan, rasa empati, sikap mendukung, sikap positif dan sikap kesetaraan pada anak – anak penyandang tunanetra dengan sesama tunanetra, pengurus yayasan, lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga berbeda – beda yang dipengaruhi oleh berbagai faktor pendukung dan hambatan, termasuk tujuan komunikasi tersebut.
Kata kunci : Komunikasi interpersonal, penyandang tunanetra, kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi Santoso, S.Kom., MA
Uncontrolled Keywords: Komunikasi interpersonal, penyandang tunanetra, kualitatif
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:58
Last Modified: 19 Dec 2019 03:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6530

Actions (login required)

View Item
View Item